Jenis Penyakit Pada Jaringan Ikat, Termasuk Lupus

Keberadaan jaringan ikat manusia memang menjadi komponen paling penting karena berfungsi buat perekat serta menjaga posisi dari semua organ tubuh. Tetapi ternyata terdapat sejumlah penyakit pada jaringan ikat lho. Apabila anda sampai terkena gangguan tersebut, maka besar kemungkinan dapat menganggu aktivitas.

Adapun komponen tubuh inipun terdiri dari 2 jenis jaringan yakni kolagen serta elastin. Kolagen inipun berada pada urat, tulang rawan, ligament, hingga pembuluh darah. Sedangkan elastin dapat ditemukan pada ligament maupun kulit. Bukan hanya berfungsi buat mengingat bentuk tubuh, tetapi keberadaannya dapat berguna sebagai tempat menyimpan lemak.

Penyakit Yang Sering Terjadi di Jaringan Ikat

Karena fungsinya yang cukup penting itulah, maka anda memang harus berhati-hati dengan adanya risiko penyakit dimana dapat muncul pada siapapun. Dengan mengetahui apa sajakah jenis penyakitnya maka dapat melakukan jaga-jaga sedini mungkin. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa jenis gangguan atau penyakit tersebut.

Sclerederma

Scleroderma adalah penyakit autoimun dimana dapat menyerang beberapa bagian tubuh mulai dari kulit hingga komponen diatas. Sclerederma inipun ternyata dapat terjadi karena sistem imun tubuh melakukan produksi terlalu banyak kolagen sehingga mengakibatkan tubuh menjadi tebal maupun kencang. Penyakit inipun ternyata juga bisa menimbulkan adanya jaringan parut pada ginjal sekaligus paru-paru.

Rheumatoid Arthritis

Termasuk penyakit autoimun berikutnya dimana dapat mengakibatkan masalah pada bagiantubuh ini. Gangguan tersebut dapat terjadi karena sistem kekebelan menyerang bagian selaput tipis di bagian lapisan sendiri. Sehingga biasanya akan menyebabkan pasiennya mengalami nyeri, kaku, rasa panas hingga pembengkakan pada sendi.

Lupus

Lupus yang dimaksud merupakan jenis SLE atau system lupus erythematosus dimana sistem kekebalan tubuh justru akan menyerang jaringan tubuh sehat. Sehingga keberadaannya akan menganggu beberapa organ mulai dari ginjal, kulit, sendi ataupun otak. Dibandingkan dengan pria, lupus lebih banyak menyerang wanita.

Vaskulitis

Terakhir ada vaskulitis dimana merupakan istilah umum buat menyebutkan 20 jenis penyakit. Adapun keberadaannya ditandai dengan adanya peradangan yang terjadi pada pembuluh darah. Peradangan itulah dapat mengakibatkan dinding pembuh darah akan menebal sehingga aliran darah akan terganggu.

Tidak ingin bukan apabila fungsi dari tubuh inipun terganggu? Itulah pentingnya agar melakukan pemeriksaan sedini mungkin dengan dokter. Dengan begitu dapat meminimalisir penyakit pada jaringan ikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.