Sering Memaskan Sepeda Motor? Sudah Tahu Kesalahan Berikut

Dibandingkan dengan jumlah pengguna mobil, pengguna motor ternyata jauh lebih banyak di Tanah Air karena dapat diandalkan buat melakukan mobilitas jauh lebih cepat. Karena itulah sebagian besar dari pemiliknya akan memberikan perhatian khusus termasuk memanaskan sepeda motor ketika di pagi hari.

Kegiatan satu ini memang menjadi hal paling sering bahkan wajib dilakukan oleh pemiliknya. Sebab fungsinya adalah menjaga motor agar tetap memiliki kondisi yang prima. Sebab ketika kendaraan dipanasi maka oli akan melumasi komponen-komponen mesin didalamnya setelah semalaman tidak digunakan lagi.

Kesalahan Saat Memanaskan Motor

Walaupun aktivitas ini paling sering dilakukan oleh para pemiliknya, tetapi masyarakat masih belum sadar bahkan terdapat beberapa kesalahan ketika melakukan pemanasan tersebut. Bahkan kesalahan-kesalahan tersebut justru bisa mengakibatkan masalah cukup fatal lho. Daripada penasaran dan agar bisa segera menghindarinya, langsung simak penjelasannya ini.

Memanfaatkan Electric Starter

Penggunaan electric starter ketika melakukan pemanasan memang masih sering dilakukan oleh masyarakat agar lebih mudah dalam menyalakan kendaraan. Tetapi sayangnya, hal tersebut justru akan mengurangi usia dari aki kendaraan.

Aki dari kendaraan sebenarnya perlahan akan memperoleh daya pada setiap pemakaian kendaraan. Namun jika memanfaatkan electric starter di pagi hari maka akan membuatnya mengeluarkan masa tanpa diisi dahulu.

Nge-gas hingga RPM Cukup Tinggi

Menggeber gas ketika sedang memanasi motor memang cukup dianjurkan karena bertujuan agar dapat membuka gas ketika di pagi hari. Dengan begitu maka oli akan lebih mudah dalam melumasi komponen motor. Tetapi jangan sampai hingga RM cukup tinggi karena akan membuat kendaraan justru mengalami overheat.

Terlalu Lama Melakukannya

Sebagian besar dari masyarakat berpikir apabila semakin lama memanasi kendaraan maka akan membuat kinerjanya akan semakin bagus. Padahal itu merupakan pendapat yang salah karena jika terlalu lama akan membuat kendaraan menjadi overheat juga. Idealnya melakukan pemanasan sendiri adalah 5 sampai 10 menit.

Kesalahan lainnya yang sering terjadi yakni tidak menggunakan choke ataupun bahkan dilakukan di luar ruangan. Dengan memahami kesalahan apa sajakah dalam memanaskan sepeda motor, maka anda bisa meminimalisir adanya kerusakan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.